Pesta Laut "Nyadran" di TanggulMalang

Benih kenangan kutanam dalam ingatanku, di mana tangan dan tubuh tak sanggup lagi menjangkau ...
Nyadran adalah sebuah upacara yang dilakukan masyarakat Jawa Tengah. Jujur saya belum pernah sama sekali mengikuti tradisi tersebut. Di desa saya Cepiring, Kabupaten Kendal acara Nyadran dilaksanakan satu kali dalam setahun. Dan kebetulan sahabat saya Lya See Beargirl yang rumahnya dekat dengan pesisir pantai mengajak saya mengikuti acara itu. Pagi-pagi saya dijemput oleh Lya, panggilannya. Lalu kami menuju rumah sahabatnya Ulfa di Pidodo. Saya disuguhi opor dan lontong sodara :-D *emang lebaran kali ya?




Dannn ... usut punya usut Lya bercerita kalo acara nyadran itu bagi penduduk sana semacam lebaran, pesta laut. Teman kami satu lagi Nhonot datang menyusul, dia mengabarkan kalau perahu milik pamannya tidak berlayar mengikuti nyadran, jadi kami gagal deh ikut upacara tersebut :'( *padahal penasaran minta ampun
saat kami sedang duduk di depan rumah Ulfa, ada arak-arakkan barongan yang akan dibawa untuk menjamu rakyat. Ini dia penampakannya :D

Bapak action di potoh :D

Barongannya lucu kan?

Ini pengantin pria dan wanitanya sebutannya sih "Dawangan"


penabuh gamelan anak-anak muda kampung

Arak-arakan di desa Pidodo 
Si Lya masih berusaha menghubungi teman-temannya, dan yahhh kami menuju rumah Hermanto begitu tahu kalau dia punya teman yang memiliki perahu dan mengikuti acara *stater matic langsung kami berdua. Sampai rumah Hermanto kami langsung disambut dan di antarkan ke tepi sungai Tanggul Malang. 








 Nahhhh ... kami cuma bisa mupeng menyaksikan arak-arakan perahunya, karena sudah penuh melulu :-D


Seenggaknya aku udah liat bagaimana proses-prosesnya hihiih ....







Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat